Makna Tanah dan Lahan di Indonesia

June 8, 2012 at 6:50 am 3 comments

Di Indonesia, kata tanah dan lahan sering digunakan secara bergantian. Kata tanah dan lahan sering digunakan secara berbeda bergantung pada lingkungan penggunaannya. Di wilayah akademis, makna tanah dan lahan digunakan dalam konteks yang berbeda bila dibandingkan pada ranah pemerintah ataupun diskusi sehari-hari. Kaum akademisi lebih cenderung memilih kata lahan apabila membahas permukaan bumi secara keruangan, sedangkan masyarakat awam lebih akrab dengan kata tanah. Perbedaan tersebut dapat menimbulkan benturan pemahaman termasuk memicu kebingungan. Dengan demikian, telaah mendalam terkait makna tanah dan lahan maupun asosiasinya dalam Bahasa Inggris yakni soil dan land, perlu dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang utuh mengenai kata tanah dan lahan.

Jika kita lihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (2007), tanah dan lahan memiliki arti yang berbeda. Tanah diartikan ke dalam 7 arti yaitu (1) permukaan bumi atau bumi lapisan atas, (2) keadaan bumi di suatu tempat, (3) permukaan bumi yang diberi batas, (4) daratan, (5) permukaan bumi yang terbatas yang ditempati suatu bangsa yang diperintah suatu Negara atau menjadi daerah Negara, negeri, (6) bahan-bahan dari bumi , bumi sebagai bahan sesuatu (pasir, napal, cadas, dsb), dan (7) dasar (warna cat, dan sebagainya). Makna tanah tersebut kurang lebih sama dengan kamus dari Poerwadarminta (2007) maupun dalam Kamus Bahasa Indonesia online (2011). Sedangkan lahan diartikan menjadi 2 arti yaitu (1) tanah terbuka, tanah garapan, (2) tanah negara yang diolah oleh penduduk untuk ditanami. Di dalam kedua kamus besar tersebut juga dilengkapi dengan contoh-contoh penggunaan tiap-tiap makna tanah maupun lahan ke dalam bentuk kalimat juga dituliskan idiom (kata ikutan) dari kata tanah maupun lahan. Dari kedua kamus tersebut terlihat jelas bahwa tanah memiliki makna yang jauh lebih luas dari pada lahan. Arti kata tanah dan penjelasannya dijabarkan hingga mencapai satu halaman, sementara arti kata lahan hanya dijelaskan dalam 4 baris.

Dari uraian tersebut menjelaskan bahwa makna tanah berkaitan dengan permukaan bumi, batas persil, wilayah bangsa dan Negara, dan material. Di sisi lain, lahan dikaitkan dengan kegiatan bercocok tanam. Oleh karena itu, tanah memiliki makna yang lebih luas daripada lahan.

Di dunia pendidikan di Indonesia, tanah sering disamakan dengan soil sedangkan lahan disejajarkan dengan kata land dalam Bahasa Inggris. Apabila kita merujuk pada kamus Bahasa Inggris (www.dictionary.com) makna soil dan land cukup berbeda. Dalam bentuk kata benda, soil diartikan menjadi  6 makna : (1) bagian dari permukaan bumi tersusun atas disintegrasi batuan dan humus, (2) bagian dari bumi, tanah berpasir, (3) daratan tempat bercocok tanam, tanah subur, (4) satu Negara, lahan atau wilayah, (5) permukaan bumi, dan (6) setiap tempat atau kondisi yang menyediakan kesempatan tumbuh atau perkembangan. Land sebagai kata benda diartikan dalam 12 makna, di antaranya adalah (1) bagian dari permukaan bumi yang tidak tertutup oleh tubuh air; benua dan pulau, (2) satu luasan permukaan bumi yang bereferensi dengan susunan alami, (3) satu luasan permukaan bumi dengan batasan tertentu, membeli land untuk membangun rumah, (4) memiliki dasar hukum, properti, (5) factor produksi dalam ekonomi, (6) bagian permukaan bumi dengan batas alami maupun pilitik, satu region atau negara, (7) dan lain-lain.

Dari penjelasan makna soil dan land, dapat diterjemahkan bahwa soil terkait dengan fisik bumi (material), tanaman (bercocok tanam), sedangkan land lebih berkait dengan luasan, legal basis, ekonomi, politik. Dengan demikian, land memiliki makna yang lebih luas dari pada soil.

Dari sumber lain menyimpulkan bahwa tanah memiliki makna yang luas dan diterjemahkan dengan arti yang beragam . Menurut Arsyad dan Rustiadi (2008), tanah diartikan ke dalam empat pengertian. Makna pertama tanah adalah sebagai tempat tumbuh tanaman atau pedon (memiliki arti sepadan dengan soil). Makna tanah kedua adalah sebagai bahan hancuran berasal dari bahan induk (regolith). Selanjutnya, makna kata tanah ketiga adalah lahan atau land yang diartikan sebagai ruang dipermukaan bumi sebagai tempat beraktifitas. Makna yang keempat dari tanah adalah seperti terkandung dalam UUD 1945 maupun Undang-Undang Pokok Agraria (UU Nomor 5 Tahun 1960) yakni sumberdaya agraria (kadang disebut juga sumberdaya agraris, agrarian resources). Tanah dalam pengertian agraria mencakup tanah (lahan), air dan angkasa sepanjang terkait dengan pengunaan lahan. Tanah sebagai agraria memiliki kesatuan multidimensi yakni fisik, kimia, biologi, sosial, ekonomi, politik dan magis-religius.

Bagi bangsa Indonesia, tanah memiliki makna yang lebih luas dari pada lahan. Hal ini mudah dijelaskan karena kata tanah sudah muncul sebelum masa kemerdekaan, sedangkan kata lahan muncul setelah tahun 1970-an. Makna tanah mencakup unsur fisik bumi, biologi, spasial, ekonomi, politik hingga unsur magis-religius. Kita sering memadankan kata tanah dengan soil dan kata lahan dengan land. Hal tersebut kurang tepat, karena makna soil dalam bahasa Inggris justru bermakna sempit sama seperti makna lahan dalam Bahasa Indonesia. Namun demikian, bukan berarti kata tanah sepadan dengan kata land. Satu kata dalam satu bangsa terlahir dalam satu proses sejarah yang panjang melibatkan pemikiran dan perjuangan leluhur bangsa tersebut. Menjadi tidak bijaksana apabila kita mendistorsi makna suatu kata demi mengikuti peradaban negara lain.

Entry filed under: Tanah. Tags: , , , .

Tanah terlantar bagi petani

3 Comments Add your own

  • 1. Alex  |  January 24, 2013 at 10:11 am

    terimakasih banyak..
    hanya tulisan ini yang paling lengkap dan tajam =)

  • 2. Sigit  |  January 28, 2013 at 12:19 pm

    hehehe…makasih ya Pak Alex sudah mampir dan baca tulisan-tulisan saya

  • 3. Ray Muntuuntu  |  July 7, 2013 at 7:47 pm

    Tanah yg ijin HGU, tdk di extend, apakah kembali ke pemilik egedom?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


June 2012
M T W T F S S
« Oct    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Recent Posts

Blog Stats

  • 87,917 hits

%d bloggers like this: