Hari Lingkungan Hidup sponsored by Google Maps

June 8, 2009 at 5:50 am Leave a comment

Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) 2009, ada beberapa terobosan yang dilakukan terkait dengan technology internet mapping. Salah satu terobosan itu adalah dengan melibatkan Google Maps sebagai mushup untuk menampilkan icon2 lingkungan hidup. Salah satu website yang telah diluncurkan adalah Open Green Map. Tujuan dari website ini adalah untuk menjadi wahana bagi masyarakat untuk membangun informasi terkait dengan lingkungan yang berupa titik2 mengenai tempat2 hijau, jalur sepeda, taman kota, pasar traditional, dan sebagainya. Icon2 tersebut sudah disediakan dan memiliki arti secara universal. Seperti halnya icon2 pada umumnya, informasi lengkap termasuk foto, alamat dan telp akan muncul ketika kita menekannya. Dengan platform terbuka (social mapping) maka editing dan penambahan data dapat dilakukan oleh masyarakat dengan mendaftar terlebih dahulu. Website ini bisa dikategorikan sebagai Volunteered Geographic Information (VGI) yang merefleksikan local knowledge yang dibangun oleh masyarakat awam dengan focus lingkungan. Cakupan wilayah, tentunya meliputi data yang disediakan Google Maps atau mencakup seluruh permukaan bumi.
Website lain yang juga menggunakan Google Maps adalah Cape Town Green Map, merupakan website yang dibangun untuk menampilkan informasi2 mengenai situs2 lingkungan yang dilestarikan oleh pemerintah seperti cagar alam, taman burung, kawasan mangrove, dan lain2. Website dapat anda kunjungi disini: http://capetowngreenmap.co.za/


Jika anda tertarik untuk turut serta menjaga dan mengkampanyekan perlindungan lingkungan, method ini merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan secara worldwide bersama-sama saudara kita diberbagai belahan dunia. Untuk lebih jelasnya silahkan mengeksplore dialamat berikut:

Open Green Map di: http://www.greenmap.org/greenhouse/en/maps

Berikut juga ada video yang menjelaskan mengenai Open Green Map dan peranannya:

Entry filed under: General. Tags: , .

Lingkunganku… Peran Penatagunaan Tanah Dalam Mewujudkan Tata Ruang (roles of land use in implementing spatial planning)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


June 2009
M T W T F S S
« May   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Recent Posts

Blog Stats

  • 87,917 hits

%d bloggers like this: