Lingkunganku…

June 7, 2009 at 3:30 am 2 comments

Tanggal 5 Juni merupakan Hari Lingkungan Hidup sedunia (World Environment Day) yang juga di peringati oleh negara kita. Dunia semakin rusak oleh ulah tangan manusia, dan banyak manusia yang mulai menyadarinya. Menelisik kembali pentingnya lingkungan hidup bagi kita, saya ingin mengajak pembaca untuk mengenang masa kecil dulu.

Masa kecil saya adalah masa kecil anak2 desa kebanyakan yang banyak berinteraksi langsung dengan alam. Dulu bersama teman2 saya gemar sekali memburu dan membunuh binatang. Sambil bawa ketapel kemana-mana, ada burung apa saja, sikat saja. Kalau dapat banyak kadang di sate rame2, tapi kalau hanya satu dua yah dibuang saja. Membunuh serangga juga merupakan hal yang biasa, mulai dari semut, belalang, kupu2. Binatang lainpun tak lepas dari penyiksaan seperti kodok untuk mainan, bahkan pernah dapat suntik bekas, kemudian dipakai untuk menyuntik kodok tersebut sampai kembung. Dengan tumbuhan juga demikian, seenaknya saja kita anak2 memotong tanaman atau mencabuti daunnya. Semua itu kami lakukan dengan leluasa tanpa ada peringatan ataupun nasehat dari orang dewasa. Dulu beragam burung hidup didesaku mulai dari derkuku, puter, podang, pentet, apalagi kutilang banyak. Tanaman jenis bunga juga ada, bonsai juga banyak. Saat ini sulit menemukan binatang dan tanaman tersebut. Saya sering melihat orang membawa senapan angin dengan bangganya menenteng buruannya, dan kamipun terkagum-kagum atas kehebatan orang tersebut.

Oleh sebab itu, pendidikan mengenai lingkungan harus dikenalkan pada anak2 kita semenjak dini. Saya terinspirasi ketika diluar negeri melihat binatang khususnya burung bermacam jenis dapat hidup berdampingan dengan manusia. Anak2 membiarkan saja burung2 tersebut berkeliaran disekitarnya, tidak seperti waktu kecil saya yang berusaha menangkap atau melempar dengan batu burung yang ada tersebut. Tidak ada orang memelihara burung didalam sangkar.

Kita memang kurang dididik untuk hidup berdampingan, dan mencintai alam. Banyak orangtua membiarkan anak2nya mempermainkan binatang atau merusak tanaman. Belum terlambat apabila kita ingin menyelamatkan alam lingkungan kita yang memberikan perlindungan bagi kita dan anak cucu kita. Mari bersama-sama kita bangun budaya cinta lingkungan.

Berikut ini sebuah video karya David Rayner yang sangat menyentuh, menggambarkan fakta2 bumi kita dengan diiringi lagu Michael Jackson (make a better world).

Entry filed under: General. Tags: , .

Peran GIS dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah Hari Lingkungan Hidup sponsored by Google Maps

2 Comments Add your own

  • 1. Luh Putu  |  April 10, 2011 at 4:52 am

    di bogor…sudah ada mata pelajaran PLH (pendidikan lingkungan hidup) sebagai muatan lokal, tp mungkin kontent nya yg harus lebih membumi…bgm mengajak anak2 utk “jalan-jalan” melihat lingkungan bukan dg membaca buku dan mengisi LKS (lembar Kerja Siswa)

  • 2. sigit  |  April 12, 2011 at 11:05 am

    Iya betul Bu, pemahaman melalui interaksi langsung akan menyempurnakan pemahaman melalui buku. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


June 2009
M T W T F S S
« May   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Recent Posts

Blog Stats

  • 87,917 hits

%d bloggers like this: