GIS-enabled web untuk PEMILU

March 26, 2009 at 2:42 am Leave a comment

Di Indonesia saat ini sedang hangat2nya suasana mendekati Pemilu nasional tahun 2009. Pemilu merupakan hal yang kelihatan mudah, siapa yang dapat point terbanyak dialah yang menang. Tapi pada kenyataannya, dari mulai perencanaan, pelaksanaan, sampai publikasi memunculkan banyak masalah. Apalagi tingkat kekritisan dan keingintahuan dari masyarakat yang terus meningkat. Dalam kaitan dengan pemilu, mari kita bahas bersama peran GIS dalam perencanaan, pelaksanaan dan publikasi Pemilu. Ulasan ini kami angkat dari penerapan GIS for Election di luar negeri.

Dalam perancanaan pemilu, GIS sangat mendukung untuk menentukan persebaran lokasi TPS dan tingkat kepadatannya. Dengan menggunakan spatial analysis tentunya akan mudah untuk membagi dan menenpatkan TPS pada lokasi yang sesuai. Menggunakan data2 administrasi, persebaran penduduk, jaringan jalan, dan topografi akan memudahkan dalam penempatan TPS dan tingkat kerapatannya. Selain itu, menggunakan GIS-enabled web juga memudahkan dalam sosialisasi Pemilu. Melalui GIS-enabled web, masyarakat lebih mudah untuk melihat batas cakupan luas dari satu TPS untuk selanjutnya mencari lokasi TPS terdekat.

Dalam pelaksanaan Pemilu, peran GIS yang terintegrasi dengan Internet sangat penting. Misalnya dalam penghitungan hasil suara. Selain memudahkan bagi siapa saja untuk dapat melihat hasil Pemilu secara real time tentunya juga dapat untuk mencegah kesalahan penghitungan/pengiriman hasil suara baik manipulasi secara sengaja maupun keteledoran. Dari sisi lain, GIS-enabled web akan meningkatkan efisiensi biaya karena komunikasi maupun inputing data juga bisa dilakukan online. Masyarakat akan sangat mudah ikut serta memantau jalannya penghitungan suara melalui Web site, cukup dengan mengklik peta sebaran TPS di wilayahnya. Peta ini sebaiknya memiliki skala kedetilan yang berbeda dari tingkat provinsi, kabupaten sampai desa.

Peta persebaran TPS serta hasil Pemilu secara spatial seharusnya bisa juga di download melalui Web untuk wilayah tertentu dengan skala tertentu. Data2 ini sangat membatu bagi para ahli social, politikus untuk melakukan analisa2 maupun prediksi kemungkinan kemenangan satu partai. Jika di analisa secara time series, dapat digunakan sebagai sarana perencanaan jangka panjang untuk mencapai kemenangan satu partai. Misalnya: memantau secara persis kantong2 pendukung utama untuk di pelihara dan kemudian meningkatkan program kampanye di kantong2 potensial.

Mari kita bersama-sama meningkatkan ketersediaan (kualitas dan kuantitas) data spatial nasional untuk menunjang pembangunan melalui penerapan GIS di berbagai sektor. Terimakasih…

Entry filed under: General, GIS. Tags: , .

Kadaster bagi Sustainable Development GPS Farming: teknologi spatial untuk pertanian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Recent Posts

Blog Stats

  • 87,917 hits

%d bloggers like this: