Bagaimana merepresentasikan Geography? (2)

January 1, 2009 at 10:41 am Leave a comment

Informasi Geografi sangat penting bagi kehidupan manusia baik masa lalu, sekarang dan masa mendatang khususnya di permukaan maupun di dekat permukaan bumi. Dalam artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai pentingnya representasi Geografi beserta bagaimana cara merepresentasikan Geografi khususnya  melalui teknologi komputer. Berikut ini bersama-sama kita akan membahas secara konsepsi bagaimana merepresentasikan Geografi.

Pada penulisan artikel2 di blog ini, kami sengaja menggunakan bahasa Inggris untuk istilah2 teknis tertentu karena banyak istilah teknis yang sulit dicari padan katanya dalam Bahasa Indonesia dan sekaligus mari kita bersama-sama memperdalam pengetahuan Bahasa Inggris kita.

Dalam merepresentasikan Geografi, secara umum terdapat dua metode; discrete objects dan continuous fields. Discrete objects merupakan satu cara pandang di mana dunia dianggap kosong dan hanya diisi oleh obyek2 dengan batas yang tegas. Konsep ini bisa di ibaratkan dengan kotak  kosong yang diisi dengan mainan di mana batas dan identitas tiap mainan jelas sehingga sangat mudah untuk memilah2 dan mengklasifikasikannya. Demikian juga misalnya satu landscape di satu wilayah yang tersusun oleh sungai, gunung, hutan, dan danau. Salah satu ciri dari discrete objects adalah kemudahan dalam menghitung obyek yang ada.

Dalam realisasi dari sudut pandang dicrete objects kemudian Geografi terwakili dalam tiga bentuk berdasar dimensinya. Nol dimensi direpresentasikan melalui titik (titik ketinggian, lokasi, titik kontrol, point of interest), satu dimensi direpresentasikan dalam bentuk garis (jalan, sungai, pipa, kabel), dan dua dimensi di wujudkan dalam bentuk polygon (hutan, permukiman, danau).

Sudut pandang yang kedua adalah continuous fields di mana  permukaan bumi tersusun atas sejumlah variable yang  finit (tertentu) yang terdefinisikan pada setiap titik dan terus berubah dipermukaan bumi. Contoh mudah dari sudut pandang ini adalah elevasi, dimana setiap titik dipermukaan memiliki nilai yang tertentu dan bervariasi. Contoh lain adalah suhu bahkan penggunaan tanah sekalipun. Contoh masalah untuk membedakan discrete objects dan continous fields adalah ketika kita disuruh merepresentasikan danau yang berawa (tidak jelas batasnya). Jika kita bermasalah dalam menentukan batas danau, termasuk apakah satu atau dua danau (tersambung dengan disebelahnya), berarti kita memakai sudut pandang discrete objects. Dalam continuous fields, hal tersebut dapat diselesaikan dengan asumsi danau dan non danau pada setiap titik. Tentu saja kita dapat melakukannya dengan pembuatan grid pada permukaan bumi dengan mempertimbangkan skala yang diinginkan.

Pada perkembangan selanjutnya, dua konsepsi ini harus direpresentasikan dalam bentuk digital. Ada dua jenis metode yang dipakai dalam coding di komputer: vektor dan raster. Sebenarnya dua model tersebut dapat dipakai dalam merepresentasikan discrete objects maupun continuous fields, tetapi dalam pelaksanaannya terjadi asosiasi yang kuat antara raster dengan continuous field dan vector dengan discrete objects.

Entry filed under: Geography, GIS, GIScience, SIG. Tags: , , .

Bagaimana merepresentasikan Geography? (1) Internet Filter: K9 Web Protection

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Recent Posts

Blog Stats

  • 87,917 hits

%d bloggers like this: