Geographic Information is special, why?

December 12, 2008 at 5:18 am Leave a comment

Banyak system informasi yang berkembang saat ini seperti misalnya sistem informasi kesehatan, kepegawaian, manajemen, penjualan, dan lain2. Namun demikian mengapa Sistim Informasi Geografi yang cenderung tumbuh dengan pesat dalam kalangan industri maupun akademik (sampai menjadi satu jurusan ataupun gelar). Berikut ini akan kita bahas secara teknis kenapa informasi geografi special.
1. Informasi geografi merupakan multidimensional. Setidaknya ada 2 koordinat yang harus diketahui untuk mengetahui satu posisi di permukaan bumi. Kemudian bisa dtambah dengan informasi ketinggian (h) menjadi 3D dan juga waktu (t) 4D. Dampak jelas dari sifat data spatial ini adalah diperlukan perlakuan yang berbeda dalam managemen database misalnya, yang berbeda dengan data non spatial.
2. Memiliki volume yang sangat besar (voluminous) sampai ukuran terabyte. Contohnya, diperlukan kapasitas 1 gigabyte untuk menyimpan data jalan satu kota besar, 1 terabyte untuk menyimpan data elevasi permukaan bumi dengan 30 m interval, 1 petabyte untuk menyimpan citra satelit seluruh permukaan bumi dengan resolusi 1m, dan 1 exabyte untuk menyimpan 3D permukaan bumi beresolusi 10 m (Longley et al, 2005).
3. Dapat direpresentasikan dengan berbagai skala tingkat kedetilan. Semakin besar sekala (penyebut semakin kecil) maka semakin detil data yang disajikan.
4. Dapat direpresentasikan secara berbeda: vector atau raster-based. Kedua representasi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing2.
5. Melibatkan proyeksi dalam penyajiannya. Pemilihan dan pengertian beragam proyeksi diperlukan guna memperoleh tingkat akurasi yang sesuai untuk satu wilayah dan tingkat kedetilan. Ingat, bumi berbentuk bulat sedangkan representasinya berbentuk datar.
6. Analisa informasi geografi memerlukan teknik yang khusus dan kadang time-consuming. Contoh: query, pengukuran, transformasi, buffering, overlay.
7. Updating geographic data is expensive and complex. Disini diperlukan konsistensi dan kesabaran dalam pelaksanaannya.
8. Display informasi geografi memerlukan retrieval data dalam jumlah besar.

Semua kejadian/peristiwa terjadi di satu tempat. Mengetahui lokasi dari dari satu kejadian/lokasi merupakan hal yang sangat krusial. Ini merupakan salah satu tinjauan informasi geografi yang special dari sisi non teknis. Pengetahuan ini dapat digunakan untuk perencanaan, antisipasi serta pengambilan keputusan.

Entry filed under: GIS. Tags: , .

Sehari bersama GIS Bagaimana merepresentasikan Geography? (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Recent Posts

Blog Stats

  • 87,917 hits

%d bloggers like this: