Apa sih Geography?!

November 10, 2008 at 1:44 am Leave a comment

Berawal dari satu pertanyaan: apakah Geografi itu? Banyak orang yang tidak mengerti sepenuhnya tentang ilmu Geografi. Ada yang berpikir bahwa Geografi adalah hafalan nama2 tempat, seperti yang dulu waktu kita pelajari di bangku sekolah dasar. Ibukota propinsi Jawa Barat adalah….(Bandung). Atau mungkin pertanyaan2 seputar nama2 Geografi dalam kuis: Sungai Nill terletak dimana? Penamaan tempat memang termasuk dalam geografi penamaan tempat (place-name geografi). Tapi, apa sebenarnya Geografi itu? Dalam tulisan berikut ini akan saya bahas mengenai apa itu ilmu Geografi. Tulisan ini bersumber dari pendapat pribadi penulis dengan tambahan dari tulisan Jerome E. Dobson, Professor Geografi dari University of Kansas (Essay on Geography and GIS, 2008), serta para ahli2 Geografi lainnya.


Pada dasarnya, manusia sudah sangat akrab dengan geography. Hal itu tercermin pada saat membuat keputusan secara geography: Kemana kita akan pergi? Lewat mana? Jalur tercepat? Disana ada apa? Selanjutnya apa penengertian Geografi? Sewaktu penulis di S1 Geografi adalah ilmu yang mempelajari permukaan bumi meliputi batuan dan tanah (lithosfer), makhluk hidup termasuk manusia (biosfer), atmosfer, dan hidrosfer dengan 3 macam pendekatan: keruangan (spatial), lingkungan, dan komplek wilayah. Pengertian lain: Geografi adalah ilmu pengetahuan dengan methode dan alat tertentu terkait mengenai lokasi, cara berpikir secara keruangan, serta technology seputar keruangan.

Menurut saya titik berat kajian Geografi berada pada aspek keruangan (spatial) dimana kita dapat berpikir spatial serta mengerti tentang kaitan spatial antar wilayah. Bagaimana mengerti hubungan manusia dengan tempat/lokasi. Mengerti distribusi keruangan dan menterjemahkannya baik secara ilmu fisik maupun secara sosial. Geography juga menjangkau penggunaan teknologi untuk mempelajari hal tersebut. Spatial analysis (analisa keruangan) merupakan salah satu ujung tombak Geografi. Seperti halnya sejarah yang mempelajari waktu, Geografi mempelajari space (ruang). Ada yang berpandangan bahwa Geografi hanya untuk anak kecil, sehingga ilmu ini hanya dipelajari di sekolah dasar sampai SMA, dan itupun bukan mata pelajaran wajib. Geografi sangat penting dipelajari pada usia berapapun, karena ilmu ini sangat berkaitan dengan bagaimana kita mengambil keputusan, mendesign dan menggunakan GIS, serta mengerti keadaan lingkungan fisik maupun sosial terkait dengan lokasi (location), pergerakan (movement), dan aliran (flow). Geografi bukan hanya peta, peta hanyalah salah satu alat untuk mempelajari ruang.

Secara garis besar ilmu geografi terbagi atas dua pilihan utama: geografi fisik (physical geography) dan geografi manusia (human geography). Geografi fisik mempelajari faktor fisik bumi: batuan, tanah, hidrology, iklim, dan makhluk hidup. Sedangkan geografi manusia mempelajari manusia itu sendiri: demografi (kependudukan), geopolitik, termasuk pola, distribusi, interaksi, dan aliran penduduk. Tentu saja kedua cabang geografi tersebut menggunakan pendekatan keruangan dalam kajiannya (ini yang membedakannya dengan biologi, geologi, pertanian, teknik sipil, atau ilmu lain dengan geografi). Dalam perkembangannya kemudian banyak ahli geografi yang mempelajari teknik dalam melakukan pendekatan geografi tersebut yang kemudian dikenal dengan sistem informasi geografi, penginderaan jauh, dan kartografi, maupun aplikasi ilmu pewilayahan. Berikut ini sebuah video yang menggambarkan apa sih geografi dan pentingnya kepedulian kita terhadap Geografi.

Entry filed under: Geography. Tags: , , .

Citra satelit resolusi tinggi: kendala dan aplikasi Menyambut GIS Day, 19 November 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Recent Posts

Blog Stats

  • 87,917 hits

%d bloggers like this: