GIS dan perkembangannya..(2)

October 19, 2008 at 1:46 am 1 comment

Sebelumnya kita telah membahas ArcInfo dan ArcView, disini kita akan membahan ArcGIS dan dilanjutkan dengan perkembangan GIS secara umum.

ArcInfo under Windows yang lebih dikenal dengan ArcGIS membawa bermacam komplex element of GIS. Secara umum ArcGIS memberikan lebih lengkap tools kepada GIS professional untuk dapat lebih mudah berinteraksi dengan spatial data. Selain juga dilengkapi dengan ekstensi yang sama dengan ArcView, ArcGIS juga dilengkapi dengan customisation menggunakan Visual Basic Application (VBA) environment. VBA memudahkan pengguna dan lebih powerful daripada ArcView.

Semua pembahasan sebelumnya merupakan stand alone GIS, yang berarti ekslusif, mahal, dan kadang tidak interoperable. Semua software tersebut membutuhkan skill dan pengetahuan mengenai GIS untuk dapat mengoperasikannya. Kondisi ini tentunya kurang menguntungkan bagi masyarakat awam yang tidak punya akses ke spatial data. Lebih luas lagi, potensi dari spatial data kurang bisa di exploitasi secara optimal karena tidak adanya sarana untuk sharing dan akses spatial data dengan simple dan murah.

Pertumbuhan dunia Internet termasuk networking telah membuka jalan bagi kehadiran Internet GIS atau yang juga dikenal dengan Distributed GIS. Dengan technology ini memungkinkan masyarakat awam untuk lebih mengakses spatial data. Begitu juga pemerintah akan lebih mudah dalam sosialisasi dan publikasi data. Distributed GIS lebih luas dari pengertian web mapping. Web mapping merupakan sarana publishing spatial data yang merupakan salah satu aspek dari Distributed GIS. Pada saat ini telah banyak GIS industry yang mengeluarkan webmapping software. Sebagai contohnya adalah MapGuide dari Autodesk yang digunakan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam meyelenggarakan peta online service. Mengenai hal ini telah saya bahas dalam edisi sebelumnya. Selain MapGuide juga ada produk lain seperti ArcIMS dari ESRI, GeoMedia WebMap dari Integraph, dan MapExtreme dari MapInfo.

Pergesesan GIS dari stand-alone system menjadi distributed system akan semakin berkembang ke depan seiring dengan perkembangan geosensor network, location based service, maupun meningkatnya akses Internet dari waktu ke waktu. Berikut ini sebuah tayangan video berkenaan dengan GIS Day 2007. Video ini berisi tentang suka duka seputar GIS, ditampilkan dengan lirik yang sangat kreatif dan menarik. Salam

Entry filed under: GIS. Tags: .

GIS dan perkembangannya..(1) Selintas GPS dan Aplikasi: tracking system

1 Comment Add your own

  • 1. dora  |  November 29, 2008 at 8:47 am

    wah musiknya lucu…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Recent Posts

Blog Stats

  • 87,917 hits

%d bloggers like this: